Terwujudnya peserta didik yang  memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila serta berkecakapan abad XXI

  • Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak mulia dan memiliki rasa tanggung jawab lingkungan dan masyarakat.
  • Mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif dan bermakna sehingga siswa dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal.
  • Menumbuhkan semangat gotongroyong dan kerjasama antar peserta didik serta menghargai kerberagaman budaya.
  • Mewujudkan life skills peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.

Tujuan jangka pendek (1 tahun)

  1. Penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2024/2025 dilanjutkan masa pengenalan lingkungan sekolah bekerjasama dengan pihak lain
  2. Mengelompokan siswa sesuai dengan potensi siswa
  3. Melaksanakan Diagnostikkognitif dan Non Kognitif  dengan Aplikasi Aku Pintar (BK), serta meliputi persiapan  simulasi  AKM, AKM  dan KSN serta FLS2N
  4. Melaksanakan Projek Penguatan Profil Pancasila
  5. Melaksanakan peringatan hari besar Nasional dan hari besar keagamaan
  6. Melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas
  7. Melaksanakan gerakan literasi dan inovasi.
  8. Melaksanakan pengembangan kompetensi guru  melalui  MGMP, PMM, Webinar, PGP, PKG
  9. Melaksanakan perencanaan, pengelolaan dan evaluasi keuangan

Tujuan jangka menengah (3 tahun)

  1. Membentuk peserta didik yang unggul dalam karakter :
  2. Keimanan dan ketakwaan terhadap TYME
  3. Kejujuran
  4. Kemandirian dalam belajar dan berorganisasi
  5. Sosial
  6. Peduli lingkungan
  7. Budaya berprestasi (akademik maupun non akademik)
  8. Cintatanah air danberbangsa
  9. Mewujudkan kearifan lokal sosial ekonomi
  10. Meningkatkan mutu lulusan agar peserta didik dapat:
  11. Melanjutkan ke perguruan tinggi
  12. Mengikuti seleksi TNI/POLRI
  13. Terserap di dunia kerja dan industri
  14. Menghasilkan karya literasi berupa cerpen, novel, puisi, dan/atau sejenisnya
  15. Meningkatkan manajemen perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
  16. Memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pengembangan pendidikan
  17. Meningkatkan peran peserta didik di berbagai lomba di bidang ekstrakurikuler maupun intrakurikuler baik tingkat kota, provinsi dan nasional
  18. Meningkatkan pengelolaan manajemen sekolah
  19. Mengembangkan pembelajaran yang kolaboratif antar mata pelajaran

Tujuan Jangka Panjang (5 Tahun)

  1. Melengkapi sarana / prasarana sekolah secara bertahap untuk memenuhi SPM menuju ke SNP
  2. Menyediakan sarana TIK sebagai penunjang Proses Pembelajaran
  3. Menambah koleksi buku perpustakaan sebagai sumber belajar
  4. Melaksanakan kegiatan dan program yang kreatif dan inovatif dan bermanfaat bagi peserta didik
  5. Pendidik dan tenaga kependidikan selalu meningkatkan profesionalisme guna memberikan pengalaman baik kepada peserta didik

Sasaran Program Sekolah

SASARAN PROGRAM 1 TAHUN
(2024 / 2025)
(Program Jangka Pendek)
SASARAN PROGRAM 4 TAHUN
2024 / 2025 s.d 2025 / 2026
(Program Jangka Menengah)
SASARAN PROGRAM 5 TAHUN
2024 / 2025 s.d. 2027/ 2028
(Program Jangka Panjang)
1.      Perbaikan dan pengadaan sarpras Laboratorium Bahasa demi peningkatan kompetensi berbahasa asing Siswa mulai aktif menguasai kompetensi berbahasa asing (Inggris) dalam komunikasi lisan dan tulisan (75%)Semua siswa mahir dan aktif memakai Bahasa Asing (Inggris) dalam komunikasi lisan dan tulisan (100%)
2.      Pengadaan Laboratorium IPA demi peningkatan kompetensi praktik dalam demokrasi ilmiah ilmu sainsPelatihan penggunaan dan pemakaian laboratorium untuk praktikum pembelajaran IPASemua siswa mahir menggunakan peralatan praktikum laboratorium IPA demi menunjang pencapaian kompetensi pembelajaran
3.      Kehadiran guru dan karyawan lebih dari 95 %Kehadiran guru dan karyawan lebih dari 97,5 %Kehadiran guru dan karyawan berkisar 100 %.
4.      Program pengadaan perangkat UNBK demi menunjang pelaksanaan UNBK di tingkat sekolahPelatihan bagi operator, teknisi dan siswa peserta UNBK supaya bisa mengoperasikan perangkat UNBK dengan baikSemua proktor, teknisi dan siswa mahir mengoperasikan perangkat UNBK dengan baik
5.      Target pencapaian rata-rata nilai UN 7,0Target pencapaian rata-rata nilai UN 8,00Target pencapaian rata-rata nilai UN 9,00
6.      75 % lulusan dapat diterima di Jenjang Pendidikan Tinggi (Universitas Negeri) dengan motivasi yang kuat80 % lulusan dapat diterima di Jenjang Pendidikan Tinggi (Universitas Negeri) dengan motivasi yang kuat90 % lulusan dapat diterima di Jenjang Pendidikan Tinggi (Universitas Negeri) dengan motivasi yang kuat
7.      Pelatihan tenaga guru yang kompeten oleh fasilitator internal (guru yang bersertifikat guru pengerak dan Fasilitator Guru Pengerak)Meningkatkan pelatihan tenaga guru yang profesional dengan mendatangkan nara sumberMemiliki guru yang andal dan berkualitas pada bidang keilmuan masing-masing
8.      50% peserta didik dan guru (teristimewa guru baru) dapat aktif berbahasa Inggris 75 % peserta didik dan guru (teristimewa guru baru) dapat aktif berbahasa Inggris100 % peserta didik dan guru (teristimewa guru baru) dapat aktif berbahasa Inggris
9.      Dapat menjuarai sekurang-kurangnya 50 % dari mata pelajaran yang dilombakan dalam lomba mata pelajaran / OSN tingkat kabupatenDapat menjuarai sekurang-kurangnya 60 % dari mata pelajaran yang dilombakan dalam lomba mata pelajaran / OSN tingkat kabupaten dan menjuarai sekurang-kurangnya 30 % di tingkat provinsi.Dapat menjuarai sekurang-kurangnya 70 % dari mata pelajaran yang dilombakan dalam lomba mata pelajaran / OSN tingkat kabupaten dan menjuarai sekurang-kurangnya 40 % di tingkat provinsi.
10.   Memiliki dan menjalankan kegiatan ekstrakurikuler unggulan dan kelompok-kelompok minat di tingkat internal sekolah THS, Seni (teater, vokal/koor, dan musik), Olah raga]Meningkatkan mutu/prestasi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dan kelompok-kelompok minat ke luar lingkungan sekolah [THS,Seni (teater, vokal/koor, dan musik), menulis, dan olah raga]Mendapatkan income/penghasilan dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler/kelompok-kelompok minat melalui pementasan seni/konser musik, teater dan paduan suara ke luar komunitas SMAN 7 Kota Komba
11.   50% guru dapat memanfaatkan media dan sumber pembelajaran berupa laptop / notebook, lcd projector, dan internet75 % guru dapat memanfaatkan media dan sumber pembelajaran berupa laptop / notebook, lcd projector, dan internet100% guru dapat memanfaatkan media dan sumber pembelajaran berupa laptop / notebook, lcd projector, dan internet