- VISI
- MISI
- TUJUAN
Terwujudnya peserta didik yang memiliki karakter Profil Pelajar Pancasila serta berkecakapan abad XXI
- Membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak mulia dan memiliki rasa tanggung jawab lingkungan dan masyarakat.
- Mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif dan bermakna sehingga siswa dapat mengembangkan potensi dirinya secara optimal.
- Menumbuhkan semangat gotongroyong dan kerjasama antar peserta didik serta menghargai kerberagaman budaya.
- Mewujudkan life skills peserta didik melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler.
Tujuan jangka pendek (1 tahun)
- Penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2024/2025 dilanjutkan masa pengenalan lingkungan sekolah bekerjasama dengan pihak lain
- Mengelompokan siswa sesuai dengan potensi siswa
- Melaksanakan Diagnostikkognitif dan Non Kognitif dengan Aplikasi Aku Pintar (BK), serta meliputi persiapan simulasi AKM, AKM dan KSN serta FLS2N
- Melaksanakan Projek Penguatan Profil Pancasila
- Melaksanakan peringatan hari besar Nasional dan hari besar keagamaan
- Melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam dan luar kelas
- Melaksanakan gerakan literasi dan inovasi.
- Melaksanakan pengembangan kompetensi guru melalui MGMP, PMM, Webinar, PGP, PKG
- Melaksanakan perencanaan, pengelolaan dan evaluasi keuangan
Tujuan jangka menengah (3 tahun)
- Membentuk peserta didik yang unggul dalam karakter :
- Keimanan dan ketakwaan terhadap TYME
- Kejujuran
- Kemandirian dalam belajar dan berorganisasi
- Sosial
- Peduli lingkungan
- Budaya berprestasi (akademik maupun non akademik)
- Cintatanah air danberbangsa
- Mewujudkan kearifan lokal sosial ekonomi
- Meningkatkan mutu lulusan agar peserta didik dapat:
- Melanjutkan ke perguruan tinggi
- Mengikuti seleksi TNI/POLRI
- Terserap di dunia kerja dan industri
- Menghasilkan karya literasi berupa cerpen, novel, puisi, dan/atau sejenisnya
- Meningkatkan manajemen perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran
- Memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pengembangan pendidikan
- Meningkatkan peran peserta didik di berbagai lomba di bidang ekstrakurikuler maupun intrakurikuler baik tingkat kota, provinsi dan nasional
- Meningkatkan pengelolaan manajemen sekolah
- Mengembangkan pembelajaran yang kolaboratif antar mata pelajaran
Tujuan Jangka Panjang (5 Tahun)
- Melengkapi sarana / prasarana sekolah secara bertahap untuk memenuhi SPM menuju ke SNP
- Menyediakan sarana TIK sebagai penunjang Proses Pembelajaran
- Menambah koleksi buku perpustakaan sebagai sumber belajar
- Melaksanakan kegiatan dan program yang kreatif dan inovatif dan bermanfaat bagi peserta didik
- Pendidik dan tenaga kependidikan selalu meningkatkan profesionalisme guna memberikan pengalaman baik kepada peserta didik
Sasaran Program Sekolah
SASARAN PROGRAM 1 TAHUN (2024 / 2025) (Program Jangka Pendek) | SASARAN PROGRAM 4 TAHUN 2024 / 2025 s.d 2025 / 2026 (Program Jangka Menengah) | SASARAN PROGRAM 5 TAHUN 2024 / 2025 s.d. 2027/ 2028 (Program Jangka Panjang) |
---|---|---|
1. Perbaikan dan pengadaan sarpras Laboratorium Bahasa demi peningkatan kompetensi berbahasa asing | Siswa mulai aktif menguasai kompetensi berbahasa asing (Inggris) dalam komunikasi lisan dan tulisan (75%) | Semua siswa mahir dan aktif memakai Bahasa Asing (Inggris) dalam komunikasi lisan dan tulisan (100%) |
2. Pengadaan Laboratorium IPA demi peningkatan kompetensi praktik dalam demokrasi ilmiah ilmu sains | Pelatihan penggunaan dan pemakaian laboratorium untuk praktikum pembelajaran IPA | Semua siswa mahir menggunakan peralatan praktikum laboratorium IPA demi menunjang pencapaian kompetensi pembelajaran |
3. Kehadiran guru dan karyawan lebih dari 95 % | Kehadiran guru dan karyawan lebih dari 97,5 % | Kehadiran guru dan karyawan berkisar 100 %. |
4. Program pengadaan perangkat UNBK demi menunjang pelaksanaan UNBK di tingkat sekolah | Pelatihan bagi operator, teknisi dan siswa peserta UNBK supaya bisa mengoperasikan perangkat UNBK dengan baik | Semua proktor, teknisi dan siswa mahir mengoperasikan perangkat UNBK dengan baik |
5. Target pencapaian rata-rata nilai UN 7,0 | Target pencapaian rata-rata nilai UN 8,00 | Target pencapaian rata-rata nilai UN 9,00 |
6. 75 % lulusan dapat diterima di Jenjang Pendidikan Tinggi (Universitas Negeri) dengan motivasi yang kuat | 80 % lulusan dapat diterima di Jenjang Pendidikan Tinggi (Universitas Negeri) dengan motivasi yang kuat | 90 % lulusan dapat diterima di Jenjang Pendidikan Tinggi (Universitas Negeri) dengan motivasi yang kuat |
7. Pelatihan tenaga guru yang kompeten oleh fasilitator internal (guru yang bersertifikat guru pengerak dan Fasilitator Guru Pengerak) | Meningkatkan pelatihan tenaga guru yang profesional dengan mendatangkan nara sumber | Memiliki guru yang andal dan berkualitas pada bidang keilmuan masing-masing |
8. 50% peserta didik dan guru (teristimewa guru baru) dapat aktif berbahasa Inggris | 75 % peserta didik dan guru (teristimewa guru baru) dapat aktif berbahasa Inggris | 100 % peserta didik dan guru (teristimewa guru baru) dapat aktif berbahasa Inggris |
9. Dapat menjuarai sekurang-kurangnya 50 % dari mata pelajaran yang dilombakan dalam lomba mata pelajaran / OSN tingkat kabupaten | Dapat menjuarai sekurang-kurangnya 60 % dari mata pelajaran yang dilombakan dalam lomba mata pelajaran / OSN tingkat kabupaten dan menjuarai sekurang-kurangnya 30 % di tingkat provinsi. | Dapat menjuarai sekurang-kurangnya 70 % dari mata pelajaran yang dilombakan dalam lomba mata pelajaran / OSN tingkat kabupaten dan menjuarai sekurang-kurangnya 40 % di tingkat provinsi. |
10. Memiliki dan menjalankan kegiatan ekstrakurikuler unggulan dan kelompok-kelompok minat di tingkat internal sekolah THS, Seni (teater, vokal/koor, dan musik), Olah raga] | Meningkatkan mutu/prestasi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler dan kelompok-kelompok minat ke luar lingkungan sekolah [THS,Seni (teater, vokal/koor, dan musik), menulis, dan olah raga] | Mendapatkan income/penghasilan dari berbagai kegiatan ekstrakurikuler/kelompok-kelompok minat melalui pementasan seni/konser musik, teater dan paduan suara ke luar komunitas SMAN 7 Kota Komba |
11. 50% guru dapat memanfaatkan media dan sumber pembelajaran berupa laptop / notebook, lcd projector, dan internet | 75 % guru dapat memanfaatkan media dan sumber pembelajaran berupa laptop / notebook, lcd projector, dan internet | 100% guru dapat memanfaatkan media dan sumber pembelajaran berupa laptop / notebook, lcd projector, dan internet |